HOUSE OF KAWASAKI ATHLETE-125 RIDERS


 
LoginLogin  PortalPortal  PendaftaranPendaftaran  IndeksIndeks  CalendarCalendar  GalleryGallery  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  

Share | 
 

 Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
tias
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 299
Age : 42
Lokasi : Bandung
Registration date : 13.11.08

PostSubyek: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   Tue Dec 02, 2008 2:24 pm

FORMASI DAN ISYARAT
1. FORMASI
a. FORMASI 1 (SATU)
Formasi 1 adalah berbaris 1 ke belakang, yaitu peserta konvoi berbaris 1 dari mulai terdepan (RC) sampai ke belakang (sweeper).
Isyarat yang digunakan untuk formasi ini diberikan oleh RC dengan mengangkat satu jari telunjuk.
Isyarat ini harus diikuti oleh semua peserta turing sampai sweeper.

b. FORMASI 2 (DUA)
Formasi 2 adalah berbaris 2 ke belakang, yaitu di mana peserta berbaris masing-masing 2 dari mulai barisan terdepan hingga ke belakang (sweeper). Bila jumlah peserta ganjil, sweeper berada di tengah (di antara dua barisan).
Formasi ini hanya diterapkan pada saat berhenti di lampu merah ataupun kondisi jalan luas dan aman.
Isyarat yang digunakan untuk formasi ini diberikan oleh RC dengan mengangkat 2 (dua) jari tangan yang terdiri dari jari telunjuk dan jari tengah.
Isyarat ini harus diikuti oleh semua peserta turing sampai sweeper.

2. ISYARAT DIMULAINYA TURING.
a. RC mengacungkan ibu jari, berarti kondisi motor dan pengendara siap untuk memulai perjalanan.
b. Isyarat di atas diikuti oleh seluruh peserta turing untuk menyatakan dirinya siap memulai perjalanan.
c. Kondisi siap berangkat adalah : perlengkapan pengendara telah selesai dipakai (sarung tangan, helm, dan sebagainya) mesin motor telah hidup, lampu depan telah hidup, lampu hazard bagi RC dan sweeper sudah menyala.
d. Sweeper menginspeksi hingga ke depan barisan untuk memastikan semua peserta telah memberikan tanda siap (mengacungkan ibu jari).
e. Setelah melakukan inspeksi kesiapan peserta, jumlah peserta, dan urutan peserta, maka sweeper kembali ke posisinya; kemudian memberikan isyarat keberangkatan kepada RC dengan mengacungkan ibu jari.
f. RC menyalakan klason 1 (satu) kali sebagai tanda dimulainya turing.

3. ISYARAT SELAMA TURING
ISYARAT UMUM
a. Mengarahkan tangan ke arah kanan, adalah tanda bahwa konvoi berbelok ke arah kanan . Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.
b. Mengarahkan tangan ke arah kiri, adalah tanda bahwa konvoi berbelok ke arah kiri. Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.
c. Mengangkat tangan dan mengayunkan ke arah depan, adalah tanda bahwa konvoi bergerak lurus. Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.
d. Mengangkat telunjuk ke atas dan membuat putaran, adalah tanda bahwa konvoi berputar (U-turn). Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.
e. Mengayunkan tangan ke bawah , adalah tanda untuk memperlambat kecepatan dan berhati-hati. Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.
f. Mengangkat tangan dengan mengepalkan jari tangan, adalah tanda untuk menghentikan kendaraan. Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.
g. Mengarahkan telunjuk ke arah telinga, merupakan isyarat tangan untuk menghentikan penggunaan klakson.
h. Mengangkat tangan kiri/ kanan dengan jari terkepal kecuali ibu jari dan kelingking, merupakan isyarat untuk memperjauh jarak antar peserta konvoi. Isyarat ini diberikan oleh RC dan diikuti oleh semua peserta turing.
i. Mengacungkan ibu jari adalah tanda kehormatan, Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.

KEKHUSUSAN SWEEPER

j. Sweeper maju ke samping peserta turing, menurunkan tangan dan mengayunkannya ke depan, ditujukan kepada peserta turing di samping dan di belakangnya untuk mempercepat kendaraan, isyarat ini tidak perlu diulangi oleh peserta turing.

HAMBATAN DAN RINTANGAN

k. Menurunkan kaki kiri merupakan isyarat adanya halangan/ hambatan di sebelah kiri konvoi, seperti : lubang, pembatas jalan yang membahayakan dan lain-lain. Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.
l. Menurunkan kaki kanan merupakan isyarat adanya halangan/ hambatan di sebelah kanan konvoi, seperti : lubang, pembatas jalan yang membahayakan dan lain-lain. Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.
m. Menurunkan kedua kaki kanan dan kiri merupakan isyarat adanya halangan/ hambatan di sisi kiri dan kanan konvoi, seperti : lubang, polisi tidur, jembatan tidak rata, dan lain-lain. Isyarat ini diberikan oleh RC yang harus diikuti oleh semua peserta turing.

PARKIR (Isyarat opsional)

n. Mengangkat telunjuk dan menggerakkannya seperti memotong leher, adalah isyarat untuk mematikan mesin. Isyarat ini diberikan oleh RC.
o. Mengangkat ibu jari dan telujuk, berarti “Rapihkan parkir” Isyarat ini diberikan oleh RC kepada peserta turing yang dimaksud untuk merapihkan parkir.

TANDA-TANDA KHUSUS LAINNYA

p. Angkat tangan tegak lurus dengan jari-jari tangan terlihat (tidak mengepal); atau ketukkan/ tempelkan tangan terbuka (tidak mengepal) ke helm. Isyarat ini untuk tanda bahwa kondisi kendaraan atau pengendara mengalami gangguan . Isyarat ini terus disampaikan hingga sweeper mendekati. Isyarat ini tidak perlu diikuti oleh peserta turing lainnya.
q. Angkat tangan tegak lurus dan melambai-lambai perpisahan. Isyarat ini untuk tanda bahwa pengendara meninggalkan barisan. Isyarat ini tidak perlu diikuti peserta turing lainnya.

CATATAN-CATATAN PENTING

r. Pemberian isyarat harus memperhatikan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain sehingga tidak terjadi kecelakaan dikarenakan usaha memberikan/meneruskan isyarat .
s. Pemberian isyarat dilakukan tanpa menimbulkan kesan arogansi dan mengintimidasi pengguna jalan lain.
t. Pemberian isyarat dilakukan tanpa menimbulkan kesan arogansi dan mengintimidasi pengguna jalan lain. Misal: menunjuk pengendara lain agar menyingkir, berdiri diatas motor sambil memberi isyarat pengendara dari arah berlawanan untuk menyingkir, mengangkat kaki seolah-olah ingin menendang pengguna jalan lain, memberikan isyarat yang mengagetkan pengguna jalan lain, dst.
u. Isyarat terus (maju), isyarat belok kiri dan isyarat belok kanan dapat diberikan RC pada perempatan, pertigaan, ATAU untuk memberikan tanda bahwa kelompok turing dapat terus bergerak (dengan menghiraukan rambu). Hal ini dapat dilaksanakan dengan pertimbangan-pertimbangan khusus.

----
Sebagai catatan :
Cari/Baca juga tentang :
Peraturan Pemerintah tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan nomor 43 Tahun 1993 (43/ 1993)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
odjhie_dc
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 365
Age : 30
Lokasi : Parijs Von Java
Registration date : 08.11.08

PostSubyek: Re: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   Fri Dec 05, 2008 11:12 pm

Mantabbsss...
Sok ateuh, yang laen.. Gera dibaca..
Bro Auww, baca juga ateuh.. Jgn stensil'an mulu yg dibaca teh..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.spankwire.com
haryo_h
Advanced
Advanced


Jumlah posting : 290
Age : 35
Lokasi : Cibubur Depok
Registration date : 10.05.09

PostSubyek: Re: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   Thu May 28, 2009 11:26 am

Bro, nanya apa isyarat yang sesuai buat kondisi berikut :
1. Mendadak mesti minggir karena sakit perut pengen ke wc... :-P
2. Mendadak ada cewe cantik di pinggir jalan melambaikan tangan minta numpang... :-D he3
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
wush
Rookie
Rookie
avatar

Jumlah posting : 174
Age : 33
Lokasi : bandung,west java
Registration date : 09.11.08

PostSubyek: Re: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   Fri May 29, 2009 10:38 am

haryo_h wrote:
Bro, nanya apa isyarat yang sesuai buat kondisi berikut :
1. Mendadak mesti minggir karena sakit perut pengen ke wc... :-P
2. Mendadak ada cewe cantik di pinggir jalan melambaikan tangan minta numpang... :-D he3

halah klo yg ni 1 mah tunjuk ajah ke arah tanknyah nah klo yg ke2 angkat tangan ke atas trus tunjuk yg di maksud jd pada minggir pan semua tuh jdnyah ntu cewe bisa milih mau nebeng ma sapa heheheh Razz

kumaha daramang sadaya hapunteun eik tak bisa aktif sampe waktu yg tak bisa di tentukan Sad( sadis uyt kerjaan nu sekarang mah Sad(
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
zocalo
New Member
New Member
avatar

Jumlah posting : 51
Age : 32
Lokasi : AX125 The Baby Ninja [Junpong - xburndt jamb28] JAK-SEL
Registration date : 20.12.08

PostSubyek: Re: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   Sat May 30, 2009 4:22 pm

haryo_h wrote:
Bro, nanya apa isyarat yang sesuai buat kondisi berikut :
1. Mendadak mesti minggir karena sakit perut pengen ke wc... :-P
2. Mendadak ada cewe cantik di pinggir jalan melambaikan tangan minta numpang... :-D he3

1. pelanin laju kendaraan,
biarin disalip temen2..
trakhir bilang sweeper..
udah duluan aja... gw tau jalan kok. [ini buat yg gengsinya tinggi]
Laughing Laughing

2. langsung ambil kiri,
ga pake basa basi langsung diangkut.
Laughing Laughing


====
harap tidak dipraktekkan Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
haryo_h
Advanced
Advanced


Jumlah posting : 290
Age : 35
Lokasi : Cibubur Depok
Registration date : 10.05.09

PostSubyek: Re: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   Sat May 30, 2009 5:31 pm

zocalo wrote:
haryo_h wrote:
Bro, nanya apa isyarat yang sesuai buat kondisi berikut :
1. Mendadak mesti minggir karena sakit perut pengen ke wc... :-P
2. Mendadak ada cewe cantik di pinggir jalan melambaikan tangan minta numpang... :-D he3

1. pelanin laju kendaraan,
biarin disalip temen2..
trakhir bilang sweeper..
udah duluan aja... gw tau jalan kok. [ini buat yg gengsinya tinggi]
Laughing Laughing

2. langsung ambil kiri,
ga pake basa basi langsung diangkut.
Laughing Laughing


====
harap tidak dipraktekkan Laughing

Nah gw pilih yang ini deh :-) he3
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
zocalo
New Member
New Member
avatar

Jumlah posting : 51
Age : 32
Lokasi : AX125 The Baby Ninja [Junpong - xburndt jamb28] JAK-SEL
Registration date : 20.12.08

PostSubyek: Re: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   Mon Jun 08, 2009 2:13 pm

waduh mo dipraktekin beneran
ane ga nanggung y broo
Laughing Razz
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
SiD
New Member
New Member


Jumlah posting : 26
Registration date : 11.11.08

PostSubyek: Re: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   Thu Jun 11, 2009 3:30 pm

drpada minggir pelan2 mending pk jurus nungging ala sembalap kl liat lawan lwt bwh pntat, trus buang gas sebesar2nya tp gas yg blkg alias gas pantat BRUZZIAQBREBEKBREBEK!! djmin ampuh tuh dpke buad kode skt perut wkakakakak . . . . .

BTW euy besok lusa mending brgkat ato mnding gnti jok ya ??? melarat uy tkt ga ckp scratch .. gmn ? servis mah udh brusan, cuman ada problem lg ban blkang kan sobek, ban dlm jg dgnti sm yg murah 35 rebuan gnti ban pnggir jln. trus sobekan ban luarnya dkasi tmblan krt d dlmnya jd aga mlendung, sobekannya jd mkin menganga . .
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing   

Kembali Ke Atas Go down
 
Kode-kode turing = Isyarat2 pada Turing
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» mau tanya tentang body vespa vbb dengan bajaj
» gimana ciri" stang bagong/bagol asli.?
» Pingin stang super 66
» tanya tentang vespa 1961-1963 VBB1M
» WTA : Cara membuat caram depan vespa PX

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
HOUSE OF KAWASAKI ATHLETE-125 RIDERS :: RIDING STYLE :: TOURING-
Navigasi: