HOUSE OF KAWASAKI ATHLETE-125 RIDERS


 
LoginLogin  PortalPortal  PendaftaranPendaftaran  IndeksIndeks  CalendarCalendar  GalleryGallery  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  

Share | 
 

 membaca kode ban motor

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
tias
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 299
Age : 42
Lokasi : Bandung
Registration date : 13.11.08

PostSubyek: membaca kode ban motor   Mon Dec 01, 2008 12:46 pm

Pada ban sepeda motor terdapat kode yang berupa angka atau huruf misalnya 4.60-H-18 4PR atau 130/90-16 67H. Informasi apa yang bisa kita dapat dari kode tersebut? Dibawah ini kita bahas sebagian diantaranya.
Ada dua macam kode ban yang biasa digunakan yaitu kode Imperial dan Metric.
Contoh kode Imperial
4.60-H-18 4PR

* 4.60 menyatakan lebar ban ( dalam satuan inchi )
* H menunjukkan batas kecepatan pemakaian
* 18 menunjukkan diameter velg / rim ( dalam satuan inchi )
* 4PR menunjukkan kekuatan ban yang didasarkan pada kekuatan serat kain ban/ ply rating
4PR berarti penggunaan lapisan kain dari bahan nilon didalam carcass berindikasi kekuatan setara dengan 4 lapisan kain ban.

Untuk kode Imperial, aspect ratio (perbandingan tinggi ban terhadap lebar ban) didasarkan pada nilai 100 % (tinggi ban sama dengan lebar ban).

Contoh kode Metric
130/90-16 67H

* 130 menunjukkan lebar ban (dalam satuan mili meter)
* 90 menunjukkan perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya.
90 berarti perbandingan tinggi ban 90 % dari lebarnya. Jika lebar 130 mm, maka tinggi ban 90 % x 130 mm = 117 mm. Aspect ratio yang kecil akan meningkatkan stabilitas dan handling kendaraan.
* 16 menunjukkan diameter velg / rim (dalam satuan inchi)
* 67 menunjukkan beban maximum yang diperbolehkan (load index / LI). LI 67 berarti beban maksimum yang dapat ditanggung sebesar 307 kg.
* H menunjukkan batas kecepatan pemakaian (sama seperti pada contoh diatas)

Note:
- Q untuk kecepatan maksimal 160 km/jam.
- S untuk kecepatan maksimal 180 km/jam.
- T untuk kecepatan maksimal 190 km/jam.
- U untuk kecepatan maksimal 200 km.jam.
- H untuk kecepatan maksimal 210 km/jam.
- V untuk kecepatan maksimal 240 km/jam.
- W untuk kecepatan maksimal 270 km/jam.
- Y untuk kecepatan maksimal 300 km/jam.
- Z untuk kecepatan di atas 240 km/jam.


Selain itu, ditunjukkan pula kode empat angka yang terdapat di sisi ban. Misalnya, 2201. Angka tersebut menyiratkan periode produksi ban. Dua angka pertama menunjukan minggu, dua angka terakhir berarti tahun pembuatan. Jadi kalau dibaca, kode di atas berarti, ban diproduksi pada minggu ke-22 tahun 2001. Kode angka ini penting, mengingat semakin lama ban tersimpan, semakin rentan terhadap kerusakan akibat kekerasan kompon ban.

Terkait dengan kemampuan ban ngegrip di aspal ketika direm. ?Kompon yang keras karena usia sudah lama mengakibatkan ban tidak mencengkram aspal saat direm,? jelas Panca.
Karenanya, penting untuk mengetahui apakah kondisi ban yang dipakai masih cukup layak. WS Haryadi, mekanik balap ngasih solusi mudah. Caranya, tekan kompon ban dengan menggunakan ujung kuku. ?Cukup bagus kalau ada cetakan ujung kuku tadi. Berarti karet masih belum keras,? bilang mekanik 31 Modified.

Jadi ketika kita akan membeli ban dengan merk yang berbeda perhatikan kodenya, dan periksa apakah sama spesifikasinya dengan ban yang sebelumnya kita gunakan.

sumber: www.motor-online.com
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
odjhie_dc
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 365
Age : 30
Lokasi : Parijs Von Java
Registration date : 08.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Sat Dec 13, 2008 8:38 am

Wah ?!? Kalo di Ban ane nyang ada cuma tulisan : DBt-CG
"Dah Bapuk tuh, Cepetan Ganti..."
Ama Emblem LUNAS
Wkwkwkwkwkwkkkkk... bounce
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.spankwire.com
wush
Rookie
Rookie
avatar

Jumlah posting : 174
Age : 33
Lokasi : bandung,west java
Registration date : 09.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Mon Dec 15, 2008 12:51 am

odjhie_dc wrote:
Wah ?!? Kalo di Ban ane nyang ada cuma tulisan : DBt-CG
"Dah Bapuk tuh, Cepetan Ganti..."
Ama Emblem LUNAS
Wkwkwkwkwkwkkkkk... bounce

halah rumpi di ban akyu cuman ada tulisan "pengen cepet di ganti berbahaya..." wkwkwkwkwkw
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
odjhie_dc
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 365
Age : 30
Lokasi : Parijs Von Java
Registration date : 08.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Mon Dec 15, 2008 1:48 am

Maksudnya ban ente pengen cpt diganti ama yg merknya "berbahaya", jeng?
Ada gtu? Bagus ga? Mahal ga? Brapaan?
Wkwkwkkk...
Dah tau bannya bahaya, tp pas touring geber2an gtu ky yg kesetanan?
Seakan2 ky yg lg ngejar artis ganteng nan tampan gtu?
Gak bisa pelan yah bawa AXnya?
Herannn deh akyu?!?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.spankwire.com
tias
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 299
Age : 42
Lokasi : Bandung
Registration date : 13.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Tue Dec 16, 2008 4:37 pm

odjhie_dc wrote:
Maksudnya ban ente pengen cpt diganti ama yg merknya "berbahaya", jeng?
Ada gtu? Bagus ga? Mahal ga? Brapaan?
Wkwkwkkk...
Dah tau bannya bahaya, tp pas touring geber2an gtu ky yg kesetanan?
Seakan2 ky yg lg ngejar artis ganteng nan tampan gtu?
Gak bisa pelan yah bawa AXnya?
Herannn deh akyu?!?

iya nih jeng wush nempel mulu sama kang odjhie_dc, sampe2 sayap Super eke keluar.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
odjhie_dc
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 365
Age : 30
Lokasi : Parijs Von Java
Registration date : 08.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Tue Dec 16, 2008 8:53 pm

Emhh? Bro Tias cemburu yah? Wah, gawat neh..
Saingan seus siti and seus wahyuni dpt kompetitor lg.. Ada jeng tias mirasih..
Sama2 ngerebutin kang usep?
Wkwkwkwkkk...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.spankwire.com
wush
Rookie
Rookie
avatar

Jumlah posting : 174
Age : 33
Lokasi : bandung,west java
Registration date : 09.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Wed Dec 17, 2008 1:03 am

odjhie_dc wrote:
Maksudnya ban ente pengen cpt diganti ama yg merknya "berbahaya", jeng?
Ada gtu? Bagus ga? Mahal ga? Brapaan?
Wkwkwkkk...
Dah tau bannya bahaya, tp pas touring geber2an gtu ky yg kesetanan?
Seakan2 ky yg lg ngejar artis ganteng nan tampan gtu?
Gak bisa pelan yah bawa AXnya?
Herannn deh akyu?!?

halah eta meuni tega lain kitu kang soalnye eik pan ga tahan klo berada jauh dr yey secara orang ganteng gituh nanti mun geus ka susul ku eik tadinya mau di ceplokin endog wkwkwkwkwk...biar lebih ganteng lagih :peace:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
wush
Rookie
Rookie
avatar

Jumlah posting : 174
Age : 33
Lokasi : bandung,west java
Registration date : 09.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Wed Dec 17, 2008 1:05 am

tias wrote:
odjhie_dc wrote:
Maksudnya ban ente pengen cpt diganti ama yg merknya "berbahaya", jeng?
Ada gtu? Bagus ga? Mahal ga? Brapaan?
Wkwkwkkk...
Dah tau bannya bahaya, tp pas touring geber2an gtu ky yg kesetanan?
Seakan2 ky yg lg ngejar artis ganteng nan tampan gtu?
Gak bisa pelan yah bawa AXnya?
Herannn deh akyu?!?

iya nih jeng wush nempel mulu sama kang odjhie_dc, sampe2 sayap Super eke keluar.

halah luamayan om bwat ngetest sejauh mana kegantengan kang odjhie tea jadina ku eik di tempel trus td na mah mau di kait keun......wkwkwkwkwk
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Auuwww
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 326
Age : 37
Lokasi : BaNdOeNg
Registration date : 08.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Thu Dec 18, 2008 4:14 am

Emang ganteng udh bawaan orok itu teh, kalo ngobrol sama kang odjhie harus keras suaranya maklum lah ganteng ( gangguan telinga )
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
odjhie_dc
Advanced
Advanced
avatar

Jumlah posting : 365
Age : 30
Lokasi : Parijs Von Java
Registration date : 08.11.08

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Thu Dec 18, 2008 6:41 am

Emhh, ini lagi?!?
Syirik, syirikk, syiriikkk yah?
Hehee.. Iya deh, jeng auww juga cantique and ayu koq..
Wkwkwkwkwkwkkk..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.spankwire.com
trisno

avatar

Jumlah posting : 12
Age : 32
Lokasi : yogyakarta
Registration date : 03.05.12

PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   Sat May 05, 2012 11:17 am

irc
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: membaca kode ban motor   

Kembali Ke Atas Go down
 
membaca kode ban motor
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» 3 Motor Anyar Piaggio Siap Hadir
» Jual aksesoris vespa & motor vespa
» FS:Tangki Vespa Super 78' original
» Beda Mesin PX, PS dengan Super 78
» =JUAL VBB 65 ( NDOG/MENDOL )=SOLD OUT

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
HOUSE OF KAWASAKI ATHLETE-125 RIDERS :: ALL ABOUT ATHLETE-125 :: TIPS & TRICKS-
Navigasi: